Komponen Internet

Kamis, 12 November 2009

Internet merupakan suatu jaringan komputer yang tersusun dari ribuan jaringan di seluruh dunia. Tidak seorang pun mengetahui persisnya berapa banyak komputer-komputer disambungkan ke Internet. Itu yakin, bagaimanapun, bahwa nomor ini berjumlah milyaran.
Tidak seorang pun bertugas Internet. Ada organisasi-organisasi yang mengembangkan aspek teknis pada jaringan ini dan patokan yang di-set untuk menciptakan aplikasi-aplikasi di atasnya, tetapi tidak ada tubuh pengaturan Ia memegang kendali. Internet backbone, dimana arah lalu lintas Internet dialirkan, dimiliki oleh perusahaan pribadi.
Semua komputer-komputer di Internet berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan deretan Transmission Control Protocol/Internet Protocol, yang disingkat menjadi TCP/IP. Komputer-komputer di Internet menggunakan suatu arsitektur klien server. Ini berarti bahwa mesin server yang remote menyediakan file-file dan jasa kepada mesin klien pengguna yang lokal itu. Perangkat lunak dapat diinstall di suatu komputer klien untuk mengambil keuntungan dari teknologi akses yang terakhir.
Satu Pengguna internet mempunyai akses kepada suatu jasa yang luas: surat elektronik, file transfer, sumber daya informasi sangat banyak, interest group membership, interactive collaboration, multimedia displays, real-time broadcasting, shopping opportunities, breaking news, dan lebih banyak lagi.
Internet terdiri dari bermacam protokol akses. Banyak dari fitur protokol ini membiarkan para pengguna untuk mencari-cari dan mendapat kembali material yang disediakan oleh protokol.

KOMPONEN-KOMPONEN DARI INTERNET
World Wide Web
World wide web (yang biasa disingkat sebagai Web atau WWW) adalah suatu sistim dari server-server Internet bahwa mendukung hiperteks untuk mengakses beberapa Protokol internet di suatu antar muka. Hampir setiap jenis protokol tersedia pada Internet yang dapat diakses di Web. Hal ini termasuk di dalamnya e-mail, FTP, Telnet, dan Usenet News. Sebagai tambahan terhadap ini semua, World Wide Web mempunyai protokol sendiri: Protokol Transfer Hiperteks, atau HTTP. Protokol-protokol ini akan dijelaskan kemudian pada artikel dibawah ini.
World wide web menyediakan suatu antar muka untuk mengakses semua protokol ini. Hal ini membuat suatu lingkungan yang mudah dioperasikan dan yang menyenangkan. Itu sudah tidak lagi perlu pembicara di dalam protokol-protokol ini yang terpisah, command pada setiap tingkatan. Web berkumpul bersama-sama protokol-protokol ini ke dalam suatu sistim. Oleh karena fitur ini, dan oleh karena kemampuan Web itu yang akan bekerja bersama bahasa-bahasa multimedia dan pemrograman lanjut, Web merupakan komponen yang bertumbuh paling cepat dari Internet.
Pengoperasian Web pada hiperteks utama disebut pengembalian informasi. Hiperteks adalah suatu dokumen berisi kata-kata yang disambungkan ke dokumen lain. Kata-kata ini disebut link dan bisa dipilih oleh pengguna. Suatu dokumen hiperteks dapat berisi links dengan banyak dokumen. Dalam konteks Web, kata-kata atau grafik boleh bertindak sebagai links dengan dokumen yang lain, gambaran-gambaran, video, dan bunyi. Links mungkin bisa atau tidak mengikuti suatu alur yang logis, seperti masing-masing koneksi diprogramkan oleh penciptanya dari dokumen sumber. Keseluruhan, Web yang berisi akan suatu web virtual kompleks mengkoneksikan antar suatu nomor yang sangat banyak dari dokumen, grafik, video-video, dan bunyi.
Menghasilkan hiperteks untuk Web itu tercapai dengan menciptakan dokumen dengan suatu Bahasa Tanda Hiperteks bahasa yang disebut HTML. Dengan HTML, etiket-etiket ditempatkan di dalam teks untuk memenuhi pengaturan dokumen, fitur visual seperti ukuran model huruf, huruf miring dan tebal, dan pembuatan hiperteks hubungan. Grafik dan multimedia boleh juga disatukan ke dalam satu dokumen HTML. HTML adalah satu bahasa pengembangan, dengan etiket-etiket yang baru yang sedang ditambahkan ketika masing-masing upgrade dari bahasa itu dikembangkan dan dibebaskan. Gabungan World Wide Web (W3C), yang dipimpin oleh pendiri Web Tim Berners-Lee, mengkoordinir usaha-usaha tentang standardisasi HTML. W3C sekarang disebut bahasa XHTML dan menganggap nya menjadi aplikasi patokan bahasa XML.
World wide web terdiri dari file-file, yang dinamakan halaman atau halaman muka, berisi sambungan dengan dokumen dan sumber daya sepanjang Internet.
Web menyediakan suatu array yang sangat banyak dalam pengalaman termasuk presentasi-presentasi multimedia, kolaborasi real time, halaman-halaman yang interaktif, radio dan acara siaran televisi, dan yang otomatis "push" informasi pada suatu komputer klien. Bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, Visual Basic, Cold Fusion dan XML bersifat membentang kemampuan dari Web. Penambahan jumlah dari internet disediakan secara dinamis yang tersimpan di dalam database. Web bukanlah suatu entity yang tetap, tetapi merupakan suatu status yang tetap yang akan mengalamin pengembangan dan perubahan terus menerus.

download disini

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © telapaksuci